Penuhi Kuota RTH, Pemkot Tanam Pohon di Anjungan

Makassar,- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan ratusan bibit pohon untuk memenuhi kuota 20 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) di areal Anjungan Pantai Losari yang juga ditetapkan sebagai space publik atau ruang publik. Rencana ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pemabangunan (Bappeda) Kota Makassar, Ibrahim Saleh pekan lalu. "Anjungan itu publik space yang harus menyediakan RTH 20 persen dari luas wilayahnya. Ini sudah ketentuan sesuai perundang-undangan dan termuat di Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)," kata Ibrahim.

Penyediaan RTH di wilayah anjungan tidak hanya sebagai syarat ketentuan dalam pembangunan publik space namun diharapkan bisa mengurangi suhu panas disiang hari dan juga menambah estetika anjungan, sehingga masyarakat bisa merasa betah meski berkunjung di siang hari. "Fungsi RTH tidak hanya memberikan udara segar namun juga bisa memberi kesejukan di siang hari. Tujuannya agar pengunjung betah dan bisa menambah keindahan terhadap anjungan itu sendiri," tambahnya.

Terpisah, Anggota Komisi C Bidang Pembangunan, Nelson M Kamisi juga sependapat atas rencana pengadaan pohon diareal anjungan. Hanya saja Nelson lebih menyoroti pemilihan bahan lantai anjungan yang dinilainya tidak berbasis lingkungan. Pasalnya lantai anjungan terbuat dari tehel yang bisa menimbulkan bias panas oleh sinar matahari. Sama halnya efek rumah kaca yang menimbulkan bias dan dapat berdampak pada meningkatnya suhu panas bumi.

"Saya sepakat ada RTH disana. Namun yang kami sayangkan, pemilihan bahan lantai anjungan yang menggunakan tehel. Harusnya bahan con block sehingga tidak menimbulkan bias panas matahari dan juga menyerap air jika hujan. Kalau seperti sekarang hujan anjungan malah tergenang air bahkan terlihat licin," sorotnya.(ril/war/C)

sumber: http://bahasa.makassarkota.go.id/index.php/lingkungan-hidup/1016-penuhi-kuota-rth-pemkot-tanam-pohon-di-anjungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI
KOMUNITAS DUTA PARIWISATA MAKASSAR